24 Pasang Sapi Ikut Putaran Final
Rabu, 6 November 2013 19:17:49 - oleh : budi

24 Pasang Sapi Ikut Putaran Final

KABARSURAMADU.COM, BANGKALAN-Sebanyak 24 pasang sapi dari empat kabupaten di Madura mengikuti putaran final karapan sapi tanpa kekerasan memperebutkan Piala Presiden. Tokoh Madura berharap agar tahun depan tidak ada lagi karapan sapi yang menggunakan kekerasan. Saat ini, putaran final karapan sapi terpecah menjadi dua, yakni karapan sapi dengan kekerasan dan karapan sapi tanpa kekerasan.

Dualisme karapan sapi putaran final memperebutkan Piala Presiden ternyata tidak mempengaruhi minat warga untuk menyaksikan karapan sapi. Saat ini, karapan sapi yang masih menggunakan kekerasan digelar di Kabupaten Pamekasan. sedangkan karapan sapi tanpa kekerasan digelar di Bangkalan.

Putaran final karapan sapi tanpa kekerasan yang digelar di Stadion RPM Noer Bangkalan diikuti oleh 24 pasang sapi dari empat kabupaten di Madura. Masing-masing kabupaten mengirimkan enam pasang sapi untuk dibagi menjadi dua kategori. Yakni pasangan sapi yang akan berlaga di kategori menang dan pasangan sapi yang akan berlaga di kategori kalah.

Menurut salah satu tokoh Madura, karapan sapi tanpa kekerasan sebenarnya sudah sesuai dengan budaya karapan sapi yang asli. Dahulu, karapan sapi memang tidak menggunakan kekerasan. Selain itu, karapan sapi tanpa kekerasan juga sesuai dengan fatwa ulama dan keputusan pemerintah.

Tokoh Madura berharap agar karapan sapi tahun depan bisa menyatu. Sehingga puncak turnamen karapan sapi yang memperebutkan Piala Presiden bisa semakin meriah.

"Tahun depan, kami berharap karapan sapi menjadi satu dan digelar di Pamekasan. Sehingga karapan sapi tanpa kekerasan akan menambah daya tarik wisata baik lokal maupun mancanegara," terang M. Nasir Zaini, ketua Forum Madura Bersatu ketika ditemui di pinggir arena karapan sapi pada Rabu (6/11/2013).(bud)

 

| More

Berita "Feature" Lainnya