KPP: UAS SD Amburadul
Kamis, 13 Juni 2013 12:28:56 - oleh : budi

KPP: UAS SD Amburadul

KABARSURAMADU.COM, BANGKALAN-Sejumlah aktivis pemerhati pendidikan di Bangkalan menyoroti pelaksanaan Ujian Akhir Semester siswa sekolah dasar untuk kelas 1 sampai kelas lima di Kabupaten Bangkalan. Pasalnya, pelaksanaan ujian akhir semester atau UAS oleh Dinas Pendidikan tidak sesuai dengan harapan Bupati Bangkalan. Soal UAS sering telat dan tidak sesuai dengan jadwal.

Sejumlah siswa SD Negeri Pejaggan Satu baru mengerjakan soal ujian akhir semester (UAS) pada pukul sembilan lebih tiga puluh menit. Padahal seharusnya pelaksanaan ujian akhir semester dimulai pada pukul delapan pagi. Terlambatnya pelaksanaan UAS disebabkan distribusi soal dari kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Bangkalan juga terlambat.

Tidak hanya di Kecamatan Kota Bangkalan, keterlambatan pelaksanaan ujian akhir semester juga terjadi hampir di seluruh kecamatan yang ada di Bangkalan. Bahkan, materi soal ujian akhir semester yang diberikan tidak sesuai dengan jadwal. Misalnya, pada hari Rabu kemarin seharusnya u-a-s untuk mata pelajaran bahasa daerah, tetapi justru soal matematika yang dibagikan oleh Dinas Pendidikan.

Pihak sekolah mengaku bahwa keterlambatan mungkin disebabkan cuaca hujan yang terus menerus terjadi di Bangkalan. "Mungkin karena hujan, maka distribusi soal UAS menjadi terlambat," terang Hj. Sri Djoelaika S.Pd, Kepala SDN 1 Pejaggan.

Menurut aktivis Komite Pemerhati Pendidikan (KPP) Kabupaten Bangkalan, pelaksanaan ujian akhir semester tingkat sd amburadul. Pelaksanaan UAS tahun ini mereka nilai tidak sesuai dengan harapan bupati bangkalan.

"Bisa dikatakan bahwa UAS SD di Bangkalan ini amburaul. Anggota KPP di seluruh Bangkalan mengeluhkan persoalan yang sama terkait pelaksanaan UAS SD tahun ini," ujar Moh. Mubarok, Sekretaris Komite Pemerhati Pendidikan Bangkalan yang mendampingi ketua KPP, Acek Kusuma di Pendopo Agung Bangkalan pada Kamis (13/6/13).(bud)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya