Pembangunan Pelabuhan Socah Dan Jalan Akses, Terhambat atau Dihambat?
Jum`at, 5 April 2013 15:31:13 - oleh : husen

Pembangunan Pelabuhan Socah Dan Jalan Akses, Terhambat atau Dihambat?

BANGKALAN-Menindak lanjuti molornya pembangunan jalan akses Suramadu menuju Pelabuhan Socah. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Provinsi Jawa Timur, Mohamad Ridwan, mengatakan bahwa terhambatnya penyelesaian jalan akses sepanjang 18 kilometer menuju ke Pelabuhan Socah disebabkan sulitnya pembebasan tanah warga di sepanjang jalur penghubung 6 desa yang ada di Kecamatan Socah.

"Pengerjaan jalan akses penghubung ke Pelabuhan Socah masih terkendala pembebasan tanah milik warga, ini berdasarkan keterangan Pemkab Bangkalan" ujarnya.

Lebih lanjut Ridwan, yang sekaligus pengawas lapangan di wilayah Kecamatan Labang, Socah dan Kamal mengatakan bahwa ada 6 desa yang dilalui jalan akses menuju Pelabuhan Socah. Diantaranya desa Sendang Laok, Pandabah, Keleyan, Socah, Petaonan, De'iring dan Desa Pernajuh.

"Batas akhir pengerjaaan proyek jalan akses Pelabuhan Socah secara bertahap, karena yang terpenting adalah pembebasan tanah dulu" cetusnya.

Saat ditanya anggaran dana untuk pembebasan lahan, Ridwan menjelaskan bahwa seluruhnya telah diserahkan ke pemerintah daerah melalui tim P2T (Panitia Pembebasan Tanah), yang diketuai Sekda Bangkalan.

"Kalau jumlahnya saya tidak tahu pasti, coba sampean tanya ke pak Syaiful (sekda/red.)" imbuhnya.

Sementara itu penjelasan dari pihak PPK provinsi jawa Timur ini dibantah oleh Mohamad Yasin Marseli, selaku pengusaha properti sekaligus pemilik tanah yang dilalui jalan akses menuju pelabuhan Socah, menyatakan bahwa tidak ada penolakan terkait pembebasan tanah.

"Pada prinsipnya masyarakat welcome dalam pembangunan jalan akses menuju pelabuhan socah. Tapi kenapa molor penggarapannya" terangnya.

Yasin menjelaskan, Gubenur Jawa Timur semula mentargetkan pembangunan jalan akses menuju pelabuhan Socah ini bisa di oprasikan pada tahun 2013. Dengan nilai anggaran sebesar 75 miliyar.

"Biaya pembangunan itu sudah dialokasikan dalam APBN 2011," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Gentur Sanjoyo Prihantono, di Surabaya.

Menurut dia, saat ini pembangunan jalan sepanjang 18 kilometer itu sudah mulai dikerjakan dan diharapkan pada 2013 sudah bisa dioperasikan.

Sedangkan Pembangunan pelabuhan Socah, nantinya dibantu oleh perusahaan asal China yang akan menanamkan investasinya. Salah satunya adalah China Harbour Engineering Company (CHEC), yakni badan usaha milik Pemerintah China. Pembangunan Pelabuhan Socah diprediksi menghabiskan dana Rp.3,7 trilyun.

Di perkirakan, antara 30-40 tahun kedepan, bantuan investasi pengusaha Cina ini akan balik modal. Selajutnya pelabuha Socah akan di berikan ke pemerintah Indonesia. Lihat juga di http://bappeda.jatimprov.go.id/2011/05/05/china-bangun-pelabuhan-socah-dan-jalan-tembus/. (sen/ http://bappeda.jatimprov.go.id)

 

| More

Berita "Surabaya" Lainnya