Sensasi Pedas Bebek 'Cetar Membahana'
Jum`at, 29 Maret 2013 16:07:03 - oleh : budi

Sensasi Pedas Bebek 'Cetar Membahana'

BANGKALAN-Bebek ‘cetar membahana', satu lagi menu bebek pedas yang bisa menjadi pilihan bagi penyuka rasa pedas. Selain rasanya yang pedas, daging bebeknya terasa lunak karena harus direbus selama minimal tiga jam. Ditambah lagi dengan perpaduan rasa gurih dari aneka bumbu khas madura.

Bagi yang suka dengan rasa pedas, di Bangkalan ada satu lagi menu bebek pedas yang siap memanjakan lidah anda ketika berkunjung ke Bangkalan. Menu bebek pedas kali ini diberi nama bebek pedas ‘cetar membahana'. Nama yang cukup lekat dengan sosok selebritis tanah air, Syahrini.

Rasanya yang sangat pedas cukup cocok untuk dijadikan menu pilihan pada saat makan siang. Ketika pertama kali mencicipi bebek cetar membahana, rasa pedas di mulut belum begitu terasa. Rasa pedas baru terasa ketika sudah beberapa kali mengunyah daging bebek yang sudah berpadu dengan bumbu ekstra pedas.

Salah satu penikmat bebek ‘cetar membahana', Tatik menyatakan bahwa suaminya baru kali pertama mencicipi menu bebek. Karena rasanya pedas dan gurih, suami ibu Tatik menjadi suka dengan menu bebek.

"Suami saya seumur hidup baru kali ini menikmati menu yang berbahan utama bebek. Karena rasanya yang gurih dan pedas, suami saya jadi ketagihan," ungkap Tatik sembari mengusap keringat yang mengucur di wajahnya karena pedas.

Proses pembuatan menu bebek cetar membahana cukup sederhana. Pertama, siapkan satu ekor bebek siap konsumsi yang tidak terlalu tua usianya. Kemudian siapkan bumbu dengan jumlah cabai dan jahe yang lebih banyak dari bumbu biasanya.

Bebek yang sudah dibersihkan kemudian direbus selama tiga jam bersama dengan aneka bumbu ke dalam kuali yang sudah dipanaskan. Setelah tiga jam, bebek kemudian siap digoreng bersebelahan dengan wajan penggorengan yang berisi bumbu yang sudah dihaluskan. Bebek lantas digoreng bercampur dengan bumbu tersebut.

Setelah diberi hiasan, bebek cetar membahana siap disajikan. Nur laela, pemilik rumah makan Ole-Olang di jalan raya Ketengan Kecamatan Burneh sengaja memilih nama bebek cetar membahana karena rasa pedasnya yang cukup cetar.

"Nama bebek cetar membahana sengaja dipilih karena rasa pedas yang ditimbulkan sangat cetar membahana layaknya ekpresi Syahrini saat mengucapkan kalimat tersebut,"terang Nur Laela.(bud)

 

| More

Berita "Feature" Lainnya