Personel PMK Kota Surabaya Belum Ideal
Kamis, 7 Maret 2013 01:37:05 - oleh : admin

Personel PMK Kota Surabaya Belum Ideal

SURABAYA - Jumlah personel Pemadam Kebakaran Kota Surabaya belum ideal. Pasalnya, saat ini satu regu PMK terdiri dari 4 - 5 personel. Idealnya untuk satu regu PMK diisi oleh 6 orang personel.

"Kami optimis kekurangan personel itu bisa diatasi seiring rencana penambahan personel baru tahun ini," kata Chandra Oratmanung, Kepala Dinas PMK Kota Surabaya pada HUT PMK Nasional ke-49, Rabu (6/3/2013).

Selain itu, dikatakan Chandra, pihaknya selalu berupaya meningkatkan kualitas petugas damkar. Pendidikan dan pelatihan rutin digelar agar personel damkar memiliki kompetensi yang mumpuni. Pasalnya, PMK merupakan profesi dengan risiko tinggi.

"Jadi tidak sembarang orang bisa melakukan pekerjaan ini. Kalau tidak dibekali dengan pelatihan yang cukup, petugas bisa celaka," ucap Chandra.

Selain kualitas SDM, tambah Chandra, Dinas PMK juga memperhatikan sarana dan prasarana pemadaman. Yang terpenting yakni peralatan yang digunakan berfungsi optimal dan aman bagi petugas. Seperti regu penyelamat PMK dilengkapi dengan baju anti-api.

Pakaian tersebut melindungi seluruh bagian tubuh petugas plus masker udara agar asap tidak terhirup dan masuk ke paru-paru.

"Baju antiapi mampu menahan panas hingga 1.250 derajat Celcius. Dan itu cukup aman untuk menghadapi kobaran api dengan derajat cukup tinggi tersebut," tandas Chandra.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, satuan tugas pemadam kebakaran (PMK) memiliki peran sangat strategis dalam pembangunan perekonomian daerah.

Bukan hanya sekadar siap siaga sebagai penjaga kota dari kebakaran, tetapi PMK juga terlibat langsung memberi rekomendasi terhadap proteksi kebakaran.

Pemerintah kota bersama stakeholders diharap bisa meningkatkan kapasitas institusi PMK melalui beberapa langkah. Antara lain, peningkatan jumlah aparatur satgas damkar memenuhi kualifikasi dan kompetensi minimal 6 orang untuk setiap satu unit mobil damkar.

Peningkatan jumlah mobil dan pos wilayah damkar minimal 1 unit untuk setiap penduduk maksimal 25 ribu jiwa.

"Membangun kerjasama satgas damkar antar daerah juga sangat penting, karena pelayanan pemadam kebakaran tidak mengenal batas wilayah administrasi," kata Risma.

Berdasar data, kekuatan personel PMK saat ini sebanyak 413 yang tersebar di seluruh pos PMK. Di Surabaya ada 13 pos PMK, terdiri dari UPTD I s/d V.

Kinerja pos-pos tersebut ditopang dengan 8 pos pembantu, yaitu Pos Pegirian, Pos Menur, Pos Bulak, Pos Kalirungkut, Pos Sukolilo, Pos Jambangan, Pos Pakal dan Pos Kandangan. Sedangkan jumlah unit mobil damkar hingga saat ini sebanyak 54 unit. - (SURYA Online)

 

| More

Berita "Surabaya" Lainnya