Efektifkan Uji Kelayakan Kendaraan, Dishub Sematkan Smart System
Rabu, 8 Januari 2020 08:38:02 - oleh : eko

Efektifkan Uji Kelayakan Kendaraan, Dishub Sematkan Smart System

 

Bangkalan, kabarsuramadu.com - Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Bangkalan mempersiapakan sistem pelayanan uji KIR kendaraan secara online. Terobosan merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan transparan, cepat, dan sederhana kepada masyarakat.

Kabid Lalu lintas dan Angkutan Jalan Dishub Bangkalan Arif Eka Putra menyampaikan, setiap wajib uji KIR akan dibekali Smart Card. Tidak pakai lagi buku uji dan buku induk. Menurutnya, penggunaan sistem smart card lebih mudah dan efektif. Sebab, seluruh data base kendaraan tersimpan secara elektronik dan dapat dibaca melalui aplikasi cek kir. Baik secara online maupun offline melalui Near File Communication (NFC).

"Setiap kendaraan yang telah diuji kir, akan mendapatkan sertifikat data teknis kendaraan, stiker berhologram dengan barcode serta terdapat nomor ujinya. Stiker itu akan dipasang di bagian dalam kaca depan kendaraan. Nantinya, saat melakukan razia di jalan, petugas hanya mengecek stiker tersebut," jelasnya, Selasa (07/01/2020).

Arif menyatakan, penggunaan Smart Card tidak hanya memudahkan pelayanan kepada para wajib uji KIR. Namun sebagai bentuk pengawasan terhadap para petugas. Sejumlah perangkat kamera akan terhubung langsung dari lokasi uji KIR ke Kementerian Perhubungan. "Setiap kendaraan yang masuk, baru atau lama langsung terbaca. Karena data basenya ada di kementerian," ungkapnya.

Sekedar diketahui, KIR adalah pengujian kendaraan bermotor untuk mengetahui apakah memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan atau tidak. Pengujian KIR meliputi Brake Tester, Axle Load Meter, hingga Speedometer Tester. "Semisal ada tahapan yang terlewati, kementerian juga tahu," imbuhnya.

Arif menambahkan, sistem online uji KIR yang menjadi program prioritas 2020. Ia memastikan penerapannya akan dimulai pada pertengahan tahun ini.(krs)

 

| More

Berita "Madura" Lainnya