Bangkalan Kekurangan Tenaga Kebersihan Sekolah
Sabtu, 18 Mei 2013 16:12:04 - oleh : tasya

Bangkalan Kekurangan Tenaga Kebersihan Sekolah

KABARSURAMADU.COM, BANGKALAN-Dinas pendidikan (Disdik) kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, saat ini kekurangan tenaga kebersihan sekolah (Penjaga) yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dari tingkat, SDN, SMPN, SMAN dan SMKN.

"Tenaga kebersihan sekolah di dinas pendidikan Bangkalan yang berstatus PNS saat ini hanya berjumlah kurang lebih 300 orang," terang kepala dinas pendidikan Bangkalan, Moh. Mohni, melalui Kasubag Umum, Moh. Bakrun, Jum'at (17/5/2013).

Dijelaskan Bakrun, kalau dibandingkan dengan lembaga sekolah yang ada dari tingkat SDN, SMPN, SMAN dan SMKN yang berjumlah 842 lembaga, kekurangannya cukup banyak.

"SDN sebanyak 657 lembaga, SMPN sebanyak 167 lembaga, SMAN 9 Lembaga dan SMKN 9 lembaga dan setiap tahun penjaga sekolah yang berstatus PNS itu terus berkurang karena masuk masa pensiun," ungkapnya.

Menurutnya, semestinya dalam satu lembaga di SDN di jaga satu orang tenaga kebersihan, untuk tingkat SMP dan SMA/SMK 2 orang, 1 tanaga kebersihan dan 1 satpam.

"Sementara untuk perekrutan CPNS khusus untuk tenaga kebersihan itu saat ini tidak ada, jadi terpaksa untuk mengisi kekosangan petugas kebersihan itu diambil dari tenaga sukwan," tukasnya.(sya/seruu)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya