Rp.68 Milyar Untuk Madrasah Di Madura
Jum`at, 17 Mei 2013 09:19:10 - oleh : tasya

Rp.68 Milyar Untuk Madrasah Di Madura

KABARSURAMADU.COM, BANGKALAN-Madrasah Diniyah yang ada di Madura yang terdiri dari 4 kabupaten akan dilakukan percepatan dengan dianggarkan dana sebesar 68 Miliyar, hal tersebut disampaikan oleh ketua Komisi VIII DPR RI, Gondo Radityo Gambiro, Kamis (16/5/2013) ketika melakukan kunjungan kerja ke propinsi Jawa Timur di kantor kementrian agama kabupaten Bangkalan.

"Madura yang terdiri dari empat kabupaten masih masuk kabupaten tertinggal, jadi kami komisi VIII memperjaungkan khusunya untuk Madrasah Diniyah di Madura agar dilakukan percepatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, Madrasah Diniyah selama ini anggarannya sangat minim. Padahal, jumlah madrasah di Madura sangat banyak dan karakter masyakat Madura luar biasa.

"Jadi mumpung ada kesempatan, kami memanfaatkan anggaran yang kami perjuangkan diproritaskan untuk Madura," ungkapnya.

Menurutnya, dari anggaran sebasar 68 Miliyar tersebut, dari 4 kabupaten di Madura cairnya berfareasi tergantung banyaknya lembaga Madrasah di emapt kabupaten tersebut.

"Dana ini bukan dari ABPN, maliankan dari poss 999 dan tidak melalui proses APBN. Melainkan dana angkol dari pemerintah dan prosesnya lebih cepat dari APBN," pungkasnya.

Sementara data yang diperoleh Seruu! Jumlah lembaga Madrasah di Madura meliputi MIN/MiS, MTsN/MTsS, MAN dan MAS sebanyak 4,187 lembaga, dengan rincian untuk kabupaten Bangkalan 444 lembaga, Sampang 1,123 lembaga, Pamekasan 1,146 lembaga dan Kabupaten Sumenep: 1,474 lembaga.(sya/seruu)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya